BERLOMBA JADI TERANG MENYAMBUT TAHUN BARU

~ 249 Viewsjp 214 pvc 0 GA 0 XQP 249 Views

Setiap akhir tahun, selama bertahun-tahun, saya diundang bicara di sebuah kota yang indah. Di kota ini ada kebiasaan menarik menjelang Natal dan tahun baru, yaitu menghias rumah seindah-indahnya dengan ornamen Natal dan lampu warna-warni. Mereka sampai harus merogoh kocek ribuan, bahkan puluhan ribu dolar agar membuat rumah mereka paling terang, paling mencolok, dan paling indah.

Dengan memakai jaket, saya bersama keluarga, keliling dari satu rumah ke rumah lainnya. Setiap rumah yang ikut lomba diumumkan ke masyarakat lewat media massa. Jadi, di tangan sudah ada rumah-rumah, beserta alamat lengkapnya yang bisa kami kunjungi. Seperti open house, pemilik rumah mempersilakan setiap pengunjung untuk memasuki rumahnya, kecuali kamar pribadi mereka, dengan ramah. Kami bahkan diizinkan untuk foto bareng maupun berswafoto dengannya.

Saya begitu menikmati acara kunjugan ini meskipun harus bangun sampai larut malam. Rasanya waktu kurang banyak untuk mengunjungi setiap rumah yang ikut lomba. Jika waktu ada, kami bisa keluar lagi pada malam berikutnya untuk melihat rumah-rumah yang lain. Maklum, di kota ini, hiburan malam orang kulit putih paling-paling ke bar dan café.

Pemenang dari lomba ini adalah rumah yang paling indah dan biasanya juga paling terang dibandingkan yang lain. Berapa rekening listrik yang harus mereka bayar?  Jangan kuatir, perusahaan listrik ikut memberi subsidi di acara tahunan ini. Jika memang, uangnya bisa dipakai untuk lomba tahun depan.

Kegilaan? Tidak! Mereka melakukannya bukan hanya untuk kebanggaan dan kepuasan pribadi, melainkan untuk menjadi berkat bagi orang lain, salah satunya saya dan keluarga saya. Hiburan yang murah, meriah, aman dan menyenangkan.

Setiap kita memang seharusnya bisa menjadi terang bagi orang lain. Bukan hanya rumah yang kita beri lampu agar terang, melainkan hati nurani kita. Dengan menjadi terang, bukan hanya orang tidak tersandung di jalan, melainkan juga menuntun jalan mereka ke tempat di mana terang itu berada.

Terimalah terang dan jadilah terang. Selamat Natal dan Tahun Baru.