About

Xavier Quentin Pranata dilahirkan di sebuah kota kecil Blitar, Jawa Timur, pada tanggal 4 Juli 1960. Anak bungsu dari 9 bersaudara dari pasangan almarhum Liem Kong Joen dan almarhumah Tan Swie Nio ini  menyelesaikan pendidikan formal sejak SD sampai SMA di kota Blitar, yaitu di SD Katolik Yos Sudarso, SMP Katolik 2, dan SMA Katolik Diponegoro. Setelah lulus SMA, beliau melanjutkan jenjang pendidikannya dengan mengambil kuliah di Fakultas Sastra Inggris, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Pecinta warna hitam dan putih ini meneruskan jenjang S2 di STII, Yogyakarta, dan jenjang S3 di bidang yang sama, yaitu Christian Education di kampus yang sama. Gelar D.Th diperoleh penggemar travelling ini di Institut Injil Indonesia (I3-Batu Malang). Kutu buku yang saat ini menjadi Board of Director di Maranatha Krista Media ini senang belajar dan mengajar.

Kolektor buku—khususnya di bidang tulis-menulis dan SDM ini—memulai karier dengan bekerja di sebuah perusahaan minyak milik Perancis dan ditempatkan di pulau Kangean, Madura, selama kurang lebih satu tahun. Kolektor kisah inspiratif ini pindah ke kota Yogyakarta dan bekerja sebagai editor buku rohani selama 1 tahun kemudian diangkat sebagai pemimpin redaksi majalah rohani bulanan populer BAHANA di tempat yang sama, yaitu Penerbit Buku Rohani ANDI selama 19 tahun. Panggilan pelayanan membuatnya memutuskan diri untuk menjadi seorang full timer dengan pelayanan awal sebagai apostolic and visiting pastor di Indonesian Family Church, Australia, yang memiliki gereja di Perth (Oikos Church), Melbourne (Place of Joy), dan Sydney (Place of Hope), Australia serta Go Singapore di Singapura. Selanjutnya, beliau bergabung menjadi associate pastor di Gereja Happy Family Center sejak tahun 2006 sampai saat ini.

Di samping tugas kesehariannya sebagai associate pastor di Gereja Happy Family Center, dan principal di Happy Family School, bapak yang suka alpukat ini menjadi penulis tetap di berbagai media, antara lain Renungan Bulanan Blessing, Surabaya, Renungan Bulanan Profesional, Surabaya, Majalah Rohani Bulanan Populer BAHANA, Yogyakarta, dan Majalah Bulanan Inspirasi, Jakarta. Bapak yang suka humor ini juga sering diminta berkotbah maupun memberikan seminar tentang SDM dan keluarga di radio dan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri.

Kini dosen Sekolah Tinggi Teologi Happy Family ini telah menerbitkan banyak buku seri yang telah menginspirasi banyak orang, di antaranya Seri Motivasi (Extraordinary Life, Berani Berpikir Besar, Berani Melompat Jauh, No Body’s Perfect, You Are What You Think, dll), Seri The Power (Power Of Motivation, Power Of Change, Power Of Intimacy, Power of Money, dll), Seri 100 Kisah (100 Touching Stories, 100 Inspiring Stories, 100 Kisah Cekak Yang Membuat Bijak, 100 Kisah Yang Mengubah Hidup Anda, 100 Kisah Yang Menguatkan iman Anda, 100 Kisah Yang Menyentuh Nurani Anda, 100 Kisah yang Menyentuh Kalbu, dll), Seri 100 Humor (100 Kisah Kocak Yang Membuat Bijak, 100 Humor Asyik, 100 Humor Suami Isteri, 100 Ger Dokter, 100 Ngakak Anak, dll), Seri Inspirasi (Seasons’ Sonata, Life Is Beautiful, Love Is Beautiful, Laugh Is Beautiful, Life Is Colorful, Faith Is Powerful, dll), seri Renungan Bijak (Wisdom for Today 1 dan Wisdom for Today 2), Seri buku renungan harian khusus untuk usahawan, karyawan dan kaum profesi (Be Professional 1 & 2, Menjadi Pribadi Profesional, Sukses Sejati, dan Sukses Seutuhnya), Seri Motivational Phrase (Message Sent, BB Oke, SMS Oke, Faithbook for Facebook, BBM for BBM, dll). Buku terbarunya 100 Tanya Jawab Aktual dan Praktis Seputar Rumah Tangga dan 100 Stories Man pun telah menjadi berkat bagi banyak orang.

Pengagum sastrawan Kahlil Gibran ini menikah dengan Fransiska Xaviera Susana pada tahun 1991 dan  dikaruniai dua orang putra, yaitu Yonatan Pranata dan Yosafat Pranata.