THE ART OF TRAVELLING

Diambil dari buku: 366 Renungan Untuk Menjadi Pribadi Profesiona; – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

“Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;” (Kejadian 12:1)

Profesional, saya suka bepergian, apalagi kalau bersama keluarga. Namun, hambatan bagi setiap orang yang bepergian baik bussiness maupun pleasure adalah persiapan dan segala pernak pernik yang harus kita bawa. Setelah sekian lama bepergian dari satu kota ke kota lain baik di dalam maupun di luar negeri, saya belajar bagaimana mempersiapkan diri agar travelling kita bisa nyaman.

Pertama, pastikan bahwa semua dokumen perjalanan, terutama tiket dan paspor, di tempat yang aman, tapi mudah dijangkau. Jangan meletakkan kedua dokumen penting ini di tempat sembarangan, karena akan sangat merepotkan dan membikin kita panik di saat-saat terakhir. Kedua, bawa baju secukupnya. Saya memiliki kebiasaan menambah satu stel pakaian ekstra untuk berjaga-jaga. Namun, jika Anda ingin belanja pakaian, kurangi bagasi Anda separuh dari biasanya, tetapi bawa uang dua kali lipat. Ketiga, bawa tas ekstra yang bisa dilipat. Pakai tas ini untuk membawa pakaian kotor Anda agar tidak tercampur dengan pakaian bersih. Jika jadwal Anda sangat padat, selalu siapkan satu kopor di rumah yang siap dibawa bepergian lengkap dengan pakaian dan peralatan mandinya. Meskipun di hotel standar perlengkapan ini selalu tersedia, siapa tahu Anda bakal tinggal di tempat yang tidak Anda duga sebelumnya.

Profesional, kehidupan seorang profesional tidak terpisahkan dengan kegiatan travelling. Oleh sebab itu, meskipun Anda termasuk orang yang paling betah tinggal di meja, suatu kali Anda pasti bepergian. Ketimbang mengalami gangguan karena hal-hal yang seharusnya tidak perlu terjadi, persiapkanlah persiapan Anda baik-baik. Selamat menikmati perjalanan.

Doa: Bapa, Engkau memintaku untuk menguasai dan mengelola bumi. Ajar aku untuk bisa menikmati bumi dengan nyaman.

Be Sociable, Share!