NILAI TAMBAH

Diambil dari Buku: Sukses Sejati – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

“Kemudian datanglah mereka yang masuk terdahulu, sangkanya akan mendapat lebih banyak, tetapi merekapun menerima masing-masing satu dinar juga” (Matius 20:10).

yyjcxkjhyk6nvhoo6ytm

Profesional, belum lama ini saya mengunjungi sebuah pameran. Saat mendatangi sebuah stand penjual obat dari Tiongkok, saya dipersilakan untuk check darah dan kolesterol gratis. Saya tahu bahwa ujung-ujungnya pasti diarahkan untuk membeli obat. Saat saya tanya harganya, dengan ramah penjaga stand menyebutkan jumlah yang menurut saya wajar. Ketika hendak membeli satu dus, penjualnya berkata, “Jika Bapak beli 3 dus sekaligus, kami akan beri Bapak bonus karpet kesehatan.” Saya minta pertimbangan isteri dan akhirnya membeli tiga dus obat itu.

Konsumen dewasa ini semakin hari semakin menuntut. Jika kita menjual produk atau jasa dan tidak memiliki nilai tambah apa pun, konsumen biasanya tidak mau membeli atau bahkan pindah ke produk atau jasa sejenis yang bisa memenuhi kebutuhannya. Ketika hendak memenuhi jadwal bicara saya di Sydney, sebuah biro perjalanan menawarkan paket yang menarik, yaitu dengan membeli tiket pp di tempat mereka, dengan sedikit tambahan, saya akan mendapatkan hotel saat transit. Ketika saya hitung-hitung, ternyata masuk akal juga, sehingga saya memutuskan untuk membeli di sana. Dengan demikian, perjalanan yang panjang itu jadi tidak terlalu melelahkan. Saat perjalanan saya dari Tokyo ke Singapura terlambat beberapa jam, saya disediakan hotel oleh pihak airline. Demikian juga dalam perjalanan Singapura-Surabaya, karena pesawat tiba tengah malam, saya pun diberi fasilitas hotel di dalam bandara Changi. Nilai tambah yang seperti inilah yang memuaskan konsumen.

Profesional, jika Anda memiliki produk atau bergerak di bidang jasa, usahakanlah memberikan nilai tambah yang sesuai dengan keingingan konsumen modern. Ide-ide yang bisa Anda terapkan: jika Anda jualan minuman bersoda, kasih bonus pembuka botol; jika Anda biro perjalanan, kasih kejutan yang menyenangkan, misalnya up grade hotel ke yang bintangnya lebih tinggi. Jika Anda sedang duduk di kelas ekonomi dan tiba-tiba didatangi pramugari yang berkata, “Apakah Bapak bersedia kami pindahkan ke kelas bisnis atau kelas satu?” dalam  penerbangan antarbenua, Anda tentu tidak akan menolak kejutan yang menyenangkan ini bukan? (Xavier).

Doa: Bapa, beri aku hikmat agar terus bisa mengembangkan usahaku dengan kreativitas.

Be Sociable, Share!