KELUAR MASUK UNTUNG

Diambil dari buku: Sukses Seutuhnya – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

“TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya” (Mazmur 121:8).

Profesional, saat diundang seorang dokter untuk datang ke rumahnya, saya mengobrol dengan teman-teman usahawan yang hadir. Seorang distributor bahan makanan bercerita tentang bisnis minyaknya. Dia menjadi pemasok minyak goreng bagi restoran mahal di kotanya. Yang menarik, dia bukan hanya untung dari hasil penjualan minyaknya tetapi juga dari hasil pembelian minyak bekasnya. Kok bisa? “Restoran mahal hanya memakai sekali minyak goreng itu dan dibuang. Nah, sayalah yang membelinya dan saya jual ke penjual makanan yang standarnya di bawah restoran itu,” ujarnya.

“Wah, keluar untung, masuk untung?” komentar saya yang dijawab dengan tertawa ngakak usahawan itu dan usahawan lain yang hadir. Hal yang sama terjadi di Spokane, kota di sebelah Timur Washington, Amerika Serikat. Ada sebuah perusahaan pembangkit listrik yang memakai sampah sebagai bahan baku pembangkitnya. Perusahaan ini pun mendapat untung keluar masuk. Saat warga Spokane setor sampah ke sana, mereka harus bayar karena sampahnya ‘diuruskan’ orang lain. Nah, sampah itu diolah menjadi sumber energi untuk pembangkit tenaga listrik. Warga Spokane harus bayar untuk berlangganan listrik dari perusahaan itu. Nah, maju mundur untung terus kan?

Profesional, adakah usaha yang bisa memberikan laba ganda seperti itu? Carilah! Jika Anda cukup peka, maka Anda akan mendapatkannya. Contohnya kakak saya. Dia adalah agen dan toko bahan bangunan. Setiap hari, mobil pick up-nya selalu ke desa untuk mengirim bahan bangunan yang dibeli oleh orang-orang di desa. Pulangnya, mobilnya kan kosong? Nah, daripada pulang nganggur, dia memakainya untuk mengangkut cabai yang dia beli di desa. Ketika sampai di kota, cabai itu dia jual dengan margin yang lumayan. Nah, maju mundur kena berkat lagi kan? Mau coba? (Xavier).

Doa: Bapa, aku mengucap syukur karena Engkau tidak pernah kekurangan untuk memberkatiku.

 

Be Sociable, Share!