GIGO

Diambil dari Buku: Sukses Sejati – Xavier Quentin Pranata

“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan” (Ams 4:23).

GIGOProfesional, suatu kali hard disk di komputer saya ngadat. Entah karena terguncang, entah karena kerusakan lain. Karena komputer saya masih garansi, maka langsung diganti. Namun, saya tetap kehilangan banyak data di sana. Mengapa saya sedih? Karena data-data itu penting.

Otak kita seperti komputer. Ada istilah yang sangat terkenal yaitu GIGO: Garbage In, Garage Out. Apa yang kita masukkan ke komputer ya itu juga yang bisa kita panggil kembali. Apa jadinya jika otak kita kita penuhi dengan sampah? Maka yang keluar juga sampah. Jika kita memasukkan hal-hal yang positif, maka yang keluar adalah hal-hal yang positif juga. Sejak saat itu, saya membeli hard disk eksternal. Setiap data yang ada di hard drive komputer saya, pasti saya simpan juga di hard disk eksternal itu. Jadi, jika sesuatu terjadi di laptop saya, maka data saya aman.

Profesional, meskipun otak kita jauh lebih super ketimbang komputer, tetapi juga lebih ringkih. Jika suatu kali kita mengalami kecelakaan, maka memori yang tersimpan di otak kita bisa rusak atau bahkan hilang sama sekali. Oleh sebab itu, kita harus memelihara otak kita dengan baik. Misalnya, dengan memberinya makanan yang baik. Belum lama ini sahabat saya memberi saya Flaxseed, yaitu biji-bijian yang bagus untuk kesehatan, termasuk kesehatan otak. Namun, yang jauh lebih penting lagi adalah memberinya makanan Firman Tuhan setiap saat agar sebagai pemimpin kita bisa mengambil keputusan dengan bijak, karena hati kita kita rawat dengan baik juga (Xavier).

Doa: Bapa, aku serahkan hatiku ke dalam tangan-Mu. Tegur aku jika mengisinya dengan hal yang tidak berkenan bagi-Mu.

Be Sociable, Share!