EARLY BIRDS OFFERING

Diambil dari buku: Sukses Sejati – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

earlybirdtwit“Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,   karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas” (Amsal 3:13-14).

Profesional, suatu kali saya bersama isteri selama seminggu berada di luar negeri mengikuti seminar kepemimpinan. Kepemimpinan yang dihadiri oleh peserta dari berbagai negara dan diisi oleh pembicara-pembicara top internasional itu berjalan dengan begitu baik. Kami berdua mendapat banyak masukan bukan saja untuk kepemimpinan korporat, tetapi juga kepemimpinan pribadi, termasuk kepemimpinan dalam mengelola rumah tangga. Pada acara closing ceremony, setiap peserta disodori formulir kesediaan untuk ikut serta dalam seminar berikutnya. Tentu saja diiming-imingi dengan harga yang murah.

Teknik early birds marketing ini semakin hari dikemas semakin canggih. Jika dulunya orang yang daftar awal hanya mendapat discount dengan besaran yang berbeda tergantung tanggal daftarnya, kini semakin banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. Maskapai penerbangan asing pun menyerbu Indonesia dengan sistem yang sama. Jika kita memesang tiket satu tahun sebelumnya, maka kita bisa mendapatkan harga yang murah sekali dibandingkan jika kita membelinya mendekati hari keberangkatan, apalagi go show! Sekolah pun menerapkan cara yang sama. Ada sebuah sekolah yang jika kita daftar awal (early bird), kita akan mendapat bonus land tour ke luar negeri.

Profesional, di tengah era global saat kompetisi semakin tinggi, kita harus pandai-pandai mengelola bisnis kita. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah early birds offering. Tindakan menawarkan barang atau jasa jauh-jauh hari sebelumnya dengan discount gedhe, dengan batas tanggal tertentu, membuat sense of urgency di kalangan buyers. Mereka ‘dipaksa’ untuk mengambil keputusan cepat jika ingin mendapatkan benefit-nya. Dari sisi pembeli, jika kita merasa bahwa tanggal yang dialokasikan itu memang available, mengapa kita tidak ambil? Jadi, win-win kan? (Xavier).

Doa: Bapa, beri aku hikmat-Mu agar aku bisa bekerja optimal bagi keluargaku.

Be Sociable, Share!