EDWIN LAU: KOKI HOKI

Diambil dari buku: Anda Liar Biasa – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

0x0-2_p18fhtjs151v55h4ek0h3dlvl83Siapa tidak kenal Edwin Lau? Pemilik nama lengkap Edwin Handoyo Lau dikenal sebagai selebrity chef yang wajahnya sering kita lihat baik di layar kaca maupun di iklan luar ruang. Di dua media itu, Edwin sering ditampilkan sedang memegang masakan atau makan masakan tertentu dari produk sponsor. Wajahnya yang ganteng dan tubuhnya yang atletis membuatnya cocok untuk dijadikan bintang iklan dan kepiawaiannya mengolah bumbu untuk dijadikan masakan yang sedap membuatnya menjadi idola banyak orang terutama ibu-ibu dan remaja putri.

Edwin Handoyo Lau dilahirkan di Ujung Pandang pada tanggal 16 November 1982. Ia memulai kariernya di bidang kuliner di Sakana Japanese Restaurant sejak magang di sana mulai tahun 2001. Di samping itu, dia pun meniti karier dan muncul menjadi finalis di majalah pria Men’s Health pada tahun 2006. Nah perpaduan antara jago masak dan jago mejeng inilah yang membuatnya cepat sekali meroket sebagai juru masak yang diperhitungkan.

Meskipun tidak memiliki latar belakang sebagai koki tetapi banyak orang yang berkata bahwa dia memang hoki. Namun, hoki di sini bukan sekadar keberuntungan tetapi buah dari hasil kerja kerasnya. Ketekunannya mendalami bidang yang baru ini membukakan pintu berkat baginya.

Edwin tidak memiliki latar belakang sebagai koki. Ayahnya seorang kontraktor, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Edwin awalnya juga tak pandai memasak. Tapi ketekunan sekaligus keyakinan untuk menekuni bidang ini membuka pintu-pintu kesuksesan.

Edwin mulai jatuh cinta pada dunia kuliner sejak kuliah D-3 Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Akademi Pelita Harapan. Nah, saat magang di sebuah restoran Jepang, bakatnya muncul dan terasah. Setelah itu dia menjadi koki di The Ritz-Carlton Bali dan Grand Hyatt Jakarta. Meskipun memulai dari masakan Jepang, akhirnya Edwin memilih untuk fokus ke healthy chef. Pilihan yang cerdas karena semakin lama orang Indonesia semakin sadar kesehatan, sehingga memilih makanan pun harus yang sehat. Dengan demikian, kariernya moncer. Karena itu dia mendalami nutrisi di Food and Drug Administration (FDA).

Begitu menjadi finalis Men’s Health Be Our Cover 2006, kariernya semakin melesat. Kebugaran tubuhnya dan kegantengan wajahnya memperkuat citranya sebagai koki untuk masakan yang sehat. Karena itu pula dia didapuk menjadi bintang iklan makanan tertentu untuk mencitrakan bahwa makanan itu produk sehat. Yang menarik, Edwin melakukan apa yang dia ajarkan. Di samping olahraga secara teratur, Edwin mengkonsumsi makanan yang dikukus atau dipanggang, tidak pakai garam, minyak, gula dan bumbu.

Kariernya semakin membumbung tinggi seperti uap masakan ketika dia menjadi juara ketiga dan menyabet gelar Photogenic Awards dalam lomba Mister Indonesia 2007.

Kini Edwin Lau menjadi kontribur Men’s Health Indonesia (rubrik Kiat Sedap), Cosmo Man Indonesia (rubrik fitness & nutrition) dan Healthy Express: Super Sehat. Di samping itu, dia juga muncul di acara Healthy Life yang tayang di Metro TV, Food Vaganza di B Channel dan Healthy Chef di Astro TV.

Apa yang bisa kita pelajari?

Pertama, kita perlu mengenal hasrat agar bisa menjadi berkat. Hasrat dapat kita ketahui dengan seberapa antusias kita mengerjakan sesuatu.

Kedua, hasrat yang disertai tekad yang bulat bisa membuat kita melesat. Kemampuan untuk membuat hasrat tetap hangat perlu kita ingat.

Ketiga, peluang sebesar apa pun akan lewat jika kita tidak segera sikat secepat kilat. Jarang ada kesempatan kedua dengan kapasitas yang sama.

Be Sociable, Share!