SURABAYA HIJAU

Diambil dari buku: 100 Wisdoms For Today 2 – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

“Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa” (Yakobus 4:17).

green-cleaning-secrets-and-recipesJika Anda berkeliling kota Surabaya saat ini, ada perubahan yang cukup baik. Lahan kosong di tengah jalan yang biasanya gersang kini dipenuhi rumput dan tanaman hias. Kesannya jadi indah dan bersih. Meskipun tertinggal dari Singapura dan Dubai, Surabaya mulai berbenah. Kita patut mengucap syukur atas hal itu. Tentu saja ucapan syukur saja tidak cukup. Kita harus ikut berperan aktif. Apa yang bisa kita lakukan?

Hal yang paling sering kita sepelekan tetapi justru paling penting adalah membuang sampah. Peringatan “Jangan Membuang Sampah Sembarangan” sudah menjadi slogan kosong tanpa menjadi kenyataan.

Saat pulang dari kerja, sebuah mobil di samping saya membuang sampah seenaknya dari atas mobil. Pengendarainya tampak tenang dan tidak merasa bersalah sama sekali. Kesempatan itu langsung saya pakai untuk mengajar anak saya yang pulang dari sekolah bersama saya. “Lihat, apakah kita boleh melakukan seperti itu?” Anak saya menggeleng.

Di sebuah taman di Australia, setiap habis pesta, selalu dipenuhi sampah yang berserakan. Akhirnya pengelola memiliki ide yang brillian. Sebelum pesta ditutup, dia mengumumkan: “Di antara sampah di atas, kami menyelipkan tulisan berisi hadiah yang bisa diambil di panggung. Jadi, setiap kali ada sampah, ambil, periksa, lalu buang ke tempat sampah!” Taman itu jadi bersih sekali.

Kekasih Tuhan, apakah kita perlu diberi insentif karena berbuat baik? Hadiah bagi yang berhak memang baik, tetapi alangkah baiknya jika hadiah itu berasal dari diri kita sendiri. Kita berbuat baik karena memang perbuatan itu pantas kita lakukan. Kepuasan batin karena melakukan hal yang baik merupakan hadiah terbaik. Anda setuju dengan pendapat saya?

Doa: Bapa, beri aku kekuatan untuk hidup bersih dan disiplin agar tidak merugiikan orang lain.

Be Sociable, Share!