MRS. BUSY

Diambil dari buku: 100 Wisdom For Today 2 – Xavier Quentin Pranata

“Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,  tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya”” (Lukas 10:41-42).

Ada seorang ibu yang super sibuk. Dia juga seorang perfectionist. Di samping memberesi rumah tangganya sendiri, dia juga aktif pelayanan di gereja, pekerja sosial di masyarakat, dan sukarelawan di sekolah anak-anaknya. Apa saja yang dia kerjakan, selalu dia kerjakan dengan sangat serius.  Mungkin cocok kalau dia dijuliki Supermom atau Mrs. Busy.

Namun, bagaimananya kerasnya dia untuk melakukan yang terbaik di berbagai bidang yang dia ikuti, buahnya justru negatif. Suaminya meminta dengan sangat agar dia mengurangi aktivitasnya, namun Ny. Sibuk justru menyibukkan diri dengan menambah pelayanannya di tempat lain. Akibatnya suaminya marah besar.

Suatu hari karena kelelahan, Ny. Supersibuk ini harus masuk ke rumah sakit untuk bed rest. Dia gelisah luar biasa. Dia merasa bahwa tanpa kehadirannya maka rumah tangganya akan berantakan, pekerjaan di kampung tidak beres, bahkan sekolah anak-anaknya akan kekurangan tenaga handal. Dia merasa dunia berhenti berputar hanya karena dia sakit. Ternyata semuanya berjalan dengan baik, meskipun tanpa dia. Mrs. Busy itu jadi belajar untuk tidak memforsir diri dan mendelegasikan tugas kepada orang lain. Setelah keluar dari rumah sakit, Ny. Sibuk menjadi pribadi yang lebih menyenangkan. Keluarganya dipulihkan. Dia sendiri jadi bisa menikmati hidup.

Kekasih Tuhan, seberapa sering kita berperilaku seperti Ny. Sibuk itu? Kita tidak lagi mengatur jadwal, tetapi jadwallah yang mengatur kita. Jika kesibukan luar biasa yang dibarengi dengan sikap perfectionis ini tidak kita hentikan, kita akan menjadi orang yang sukses di tengah kehancuran keluarga, sahabat dekat dan orang-orang di sekitar kita. Percayalah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *