ANTRE DONG!

Diambil dari buku: 100 Wisdom For Enriching Your Soul – Xavier Quentin Pranata

children_standing_in_lineKetika sedang antre untuk mengambil makanan di sebuah acara standing party, tiba-tiba ada seorang ibu yang menyerobot antrean di depan saya. Tanpa rasa bersalah dia langsung ambil makanan dan ngeloyor pergi. Sebaliknya, ketika melihat tayangan televisi saat Jepang dihantam tsunami, para korban bencana alam itu begitu tertib saat mengantre untuk mendapatkan pelayanan dari posko-posko bantuan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu sopan santun.

Seorang sahabat mengirimi saya tulisan yang inspiritatif.  Seorang guru di Australia pernah berujar: “Kami tidak terlalu khawatir jika anak-anak SD tidak pandai matematika, sebab kami jauh lebih khawatir jika mereka tidak pandai mengantri.” Kok bisa?

Sang guru mengatakan seorang pengajar hanya butuh waktu 3 bulan intensif untuk melatih anak lihai tentang matematika dasar tapi butuh waktu hingga 12 tahun agar anak bisa mengerti pelajaran berharga di balik budaya mengantre.

Banyak pelajaran berharga yang bisa diambil anak dari kebiasaan mengantre:

  1. Anak belajar manajemen waktu karena jika ingin mengantre di depan maka dia harus datang lebih awal.
  2. Anak belajar bersabar menunggu giliran jika dia mendapat antrean di belakang.
  3. Anak belajar menghormati hak orang lain yang datang duluan dan mengantre di depannya dan tidak saling serobot.
  4. Anak belajar disiplin dan tidak menyerobot hak orang lain.
  5. Anak belajar kreatif memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan ketika mengantre.
  6. Anak belajar bersosialisasi dengan lingkungannya saat menunggu antrean.
  7. Anak belajar tabah dan sabar menjalani proses mengantre.
  8. Anak belajar hukum sebab akibat karena terlambat maka mendapat giliran paling belakang.
  9. Anak belajar memiliki rasa malu jika menyerobot orang di depannya.

Tindakan antre memang membutuhkan waktu dan jika waktunya lama bisa sangat membosankan. Oleh sebab itu, saya mencoba berbagai hal-hal positif apa saja yang bisa kita lakukan saat antre.

  1. Cek bbm, sms maupun email yang masuk. Mana yang harus dibaca lebih dulu, mana yang bisa kita baca nanti dan mana yang harus kita kasih jawaban segera.
  2. Baca buku. Siapkan selalu bahan bacaan. Pilih yang tidak terlalu berat. Smartphone dan tablet juga bisa kita pakai. Karena antre biasanya sambil berdiri, pilih gadget yang ringan. Kalau pakai iPad, pilih saja yang mini, sehingga tangan tidak kesemutan.
  3. Dengarkan musik, CD motivasi atau audio Bible. Waktu jadi tidak terbuang percuma.
  4. Ajak ngobrol orang di depan atau di belakang Anda. Sebagai orang sanguin, saya biasakan untuk menyapa orang-orang yang ikut antre dengan saya. Dalam kesempatan ini kita bisa saja dapat peluang atau memberi peluang orang lain. Ketika antre boarding di sebuah bandara, ada seorang yang menawari saya bisnis MLM.

Singkatnya, lakukan apa saja yang bermanfaat. Aktivitas membuat kita bisa membuang rasa bosan.

Be Sociable, Share!