PANTANG MENYERAH

Diambil dari buku: 100 Inspiring Stories – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

“Pada akhirnya, tidak ada yang bisa mengalahkan ketekunan.” Xavier Quentin Pranata

Cha Sa-soon (69 tahun) dari Korea Selatan, demi mendapatkan sebuah surat izin mengemudi, rela mencoba ujian sampai 960 kali. Akhirnya, dia berhasil mendapatkan SIM dan siap membeli sebuah mobil. Sejak April 2005, Cha hampir setiap hari menjalani ujian untuk mendapatkan SIM. Dia mengatakan perlu membeli sebuah mobil bekas kecil karena ingin mengunjungi anak-anaknya serta untuk keperluan bisnisnya, yaitu berjualan sayur-mayur.

drivinglicense

Hebat benar semangat ibu Cha. Bayangkan selama hampir lima tahun dia mencoba mendapatkan SIM. Beberapa orang mungkin sudah akan menyerah pada upaya kedua atau ketiga. Namun Cha mencoba sampai 960 kali.  Selain pantang menyerah, Cha juga tidak mengambil jalan pintas. Kalau di Indonesia, Cha mungkin akan tergoda menggunakan jasa calo yang punya koneksi dengan orang dalam. Mungkin di Korsel memang tidak ada calo SIM.

St. James menulis, “Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun. Untuk menghasilkan buah yang matang, sempurna dan utuh, maka dibutuhkan suatu ketekunan. Dan ketekunan ini ditempa oleh berbagai macam ujian terhadap iman. Kondisi semacam ini harus didapatkan sendiri setiap orang melalui pengalaman hidup. Ketekunan itu tidak dapat dibeli, dipindahkan atau diwariskan.  Untuk mencapai kematangan rohani ini, setiap orang harus bertekun dalam menghadapi berbagai ujian. Tidak ada jalan pintas untuk mencapainya.”

Point to Ponder: Seberapa lentur daya tahan Anda? Apakah Anda lebih mirip baja yang keras tetapi gampang patah, atau rotan yang lentur tetapi kuat? Menurut Anda, mana yang lebih berhasil membina teman dan jejaring, dengan menjadi lemah lembut atau keras ganas?

Action to Take: “Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi” (Matius 5:5).

Be Sociable, Share!