HIDUP KEKRISTENAN: Berkhotbah Sepanjang Jalan

Diambil dari Buku: 100 Kisah Yang Menggugah Hati  – Xavier Quentin Pranata
Untuk pemesanan buku-buku Xavier Quentin Pranata, Hubungi SMS/WA Vera 0838 5475 4408

Tidak ada gunanya berjalan ke mana-mana untuk berkhotbah, kecuali kita berkhotbah saat kita berjalan. (Fransiskus dari Asisi)

Fransiskus dari Asisi suatu hari berkata kepada beberapa pengikutnya, “Mari kita pergi ke desa dan berkhotbah.” Saat mereka berjalan, mereka bertemu dengan pejalan kaki yang berbeban berat. Fransiskus tidak tergesa-gesa melanjutkan perjalan­an dan mendengarkan keluhan orang itu dengan sabar.

Ketika mereka sampai di desa, Fransiskus berbicara dengan penjaga toko, mengobrol dengan petani dan penjual sayur-sayuran, serta bermain dengan anak-anak di jalan. Ketika pulang, mereka bertemu dengan seorang petani yang memanggul jerami. Fransiskus mengobrol dengan petani itu. Tidak lama kemudian, mereka tiba di biara.

Salah seorang pengikutnya, yang amat kecewa, berkata kepada Fransiskus, “Saudara Fransis, engkau berkata akan pergi berkhot­bah. Tetapi sepanjang hari ini saya tidak melihat engkau ber­khotbah.”

Santo Fransiskus menjawab dengan lembut, “Lho, kita kan sudah berkhotbah sepanjang jalan tadi.” (Praire Overcomer)

”Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kis. 1:8)

Be Sociable, Share!